Taubat

Ilustrasi
PersMuslim - Ikhwah sekalian, jika kita ingin melakukan perubahan yang hakiki, kita harus memulai dari kita sendiri. Kita sebagai manusia sudah pasti melakukan banyak sekali kesalahan. Terutama kami, saya secara pribadi, dan semua pimpinan PKS, pasti semua menyadari bahwa kita sebagai manusia biasa pasti melakukan kesalahan.

Dan karena itu, Ikhwah semuanya, saya ingin menyampaikan dalam kesempatan kali ini, agenda pertama kita dalam melakukan perubahan yang hakiki ini adalah melakukan pertaubatan nasional bagi seluruh pengurus dan pimpinan PKS. Kita akan memulai dari istigfar, kita memulai dengan taubat, seperti ucapan pertama kita saat kita selesai melakukan salat. 

Apa yang kita ucapkan setelah selesai melaksanakan salat? Astagfirullah... kita tentu sudah beramal, tapi tentu banyak kekurangan, di sepanjang amalan-amalan itu yang menyertai amalan kita, dan istigfar ini, insyaallah, bukan hanya menghapus dosa- dosa kita, tapi insya juga akan menyempurnakan kerja-kerja kita ke depan. 

Ikhwah sekalian, setelah kita selesai membenahi diri kita sendiri, membenahi pikiran, membenahi hati, membenahi perilaku, membenahi sistem dalam organisasi kita, insyaallah, kita akan mampu lebih jauh lagi melakukan pembenahan bahkan melakukan memperbaiki negara. 

Dan karena itu, Ikhwah sekalian, kita hanya akan bisa melakukan perbaikan pada skala negara itu kalau kita bisa memulainya dengan cara yang benar, yaitu dengan memperbaiki diri, dari sinilah kita akan memulainya.

Anis Matta
(Disampaikan di MD Building, 2013)