Tiga Cara Keluar dari Badai

Ilustrasi
PersMuslim - Ikhwah fillah, menurut saya, badai besar yang terjadi di partai ini insyaallah akan menjadi hentakan sejarah yang akan membangunkan macan tidur PKS. Saya yakin Allah mengirimkan sebuah isyarat besar kepada kita semuanya, bahwa ini adalah momentum pembenahan diri sekaligus momentum kebangkitan PKS.

Rekan-rekan sekalian, tentu saja ini adalah tugas besar yang saya emban bersama pengurus PKS. Saya tahu ini bukan hari-hari yang mudah yang akan kita lalui, tapi kita pasti bisa melaluinya insyaallah. Kita bisa melalui yang sulit ini. Asalkan kita tahu tiga syarat untuk melaluinya. 

Yang pertama adalah memohon pertolongan kepada Allah. Allahuma iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in. 

Syarat yang kedua, Ikhwah sekalian, adalah kebersamaan kita semua. Ukhuwah, persaudaraan soliditas. Itulah yang harus kita jaga, karena Allah mengatakan, “Dialah Allah yang menguatkanmu dengan pertolongannya dan dengan orang-orang yang beriman.” 

Kita bisa melalui ini kalau kita bisa bergandengan tangan. Kalau kita saling bersatu, kalau kita menyatukan diri kita atas nama cinta kepada Allah dan cinta kepada negeri kita Indonesia. 

Ikhwah sekalian dan saudara-saudaraku semuanya, syarat yang ketiga adalah kerja keras. Saya ingin mengatakan kepada Ihwah semuanya dan semua kader, mulai hari ini berlaku ayat Allah. “Lambung mereka tidak bersahabat dengan tempat tidur mereka.” Tidak ada waktu tidur sejak hari ini Ikhwah sekalian. Kita mulai hari ini, insyaallah, sebagai momentum kebangkitan kita semuanya. 

Ikhwah sekalian, misi utama di permulaan kebangkitan kita ini adalah mengubah cobaan dan musibah menjadi rahmat dan karunia. Dan, insyaallah, kita pasti bisa melalui, kita pasti bisa melakukannya. Karena pada periode permulaan, saat awal kita mendirikan partai ini kita tahu bahwa jumlah kita sedikit, tenaga sedikit, orang- orang kita sedikit, tapi dengan kerja Alhamdulillah, Allah memberikan kesempatan kepada partai ini untuk tumbuh dan terus berkembang. 

Dan itu sebabnya saya percaya dengan pertolongan Allah, dan dengan kebersamaan kita, tidak ada kekuatan di negeri ini, di dunia ini yang bisa menghancurkan gerakan kita ini, insyaallah. Tidak akan ada, insyaallah.

Anis Matta
Disampaikan di MD Building, 2013